SEKILAS INFO
: - Tuesday, 19-01-2021
  • 5 bulan yang lalu / Education 1.0, Education 2.0, Atau Education 3.0; Anda Berada Di Posisi Mana?
  • 5 bulan yang lalu / Apa Yang Harus Kita Berikan Kepada Murid Berdasarkan Teori Psikologi?
  • 5 bulan yang lalu / “Hard Work” dan “Fun”. Mana Yang Lebih Dulu Dalam Belajar?

12 Plugin Comment WordPress Terbaik

Plugin seolah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari WordPress. Meskipun dikategorikan sebagai fitur tambahan, keberadaan plugin mengoptimalkan WordPress menjadi platform yang fungsional dan powerful. Di artikel ini, kami akan membahas 12 plugin comment WordPress terbaik untuk membuat kolom komentar website atau blog jadi lebih keren.

Fitur Komentar WordPress Bawaan

Sebenarnya, WordPress sudah punya fitur atau sistem komentar bawaan. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa mengaktifkan kolom komentar di setiap halaman web.

Fitur bawaan ini punya cukup banyak kelebihan. Anda bisa membaca dan menyortir komentar, bahkan mengetahui komentar yang ditinggalkan pembaca berada di halaman atau postingan yang mana. Semuanya ini dapat dilakukan hanya dari dashboard WordPress saja. Buka Dashboard -> Comments.

Fitur komentar WordPress bawaan

Masuk ke Settings -> Discussion dan kustomisasi pengaturan komentar.

Buka Settings, lalu Discussion

Di halaman Discussion, Anda bisa mengonfigurasi banyak hal, mulai dari tampilan kolom komentar, pengisian nama dan email pembaca, pengaktifan mode thread, hingga pengaturan pingback.

Berikut penjelasan singkat untuk beberapa opsi default yang ada di halaman Discussion:

  1. Attempt to notify any blogs linked to from the post

Memberi tanda centang pada opsi ini berarti mengizinkan sistem WordPress untuk melacak setiap link yang ada di postingan Anda dan mengirimkan pemberitahuan kepada si pemilik link. Dengan kata lain, jika Anda atau pembaca menaruh link suatu blog atau website di postingan, pemiliknya akan tahu.

  1. Allow link notifications from other blogs

Dengan mengaktifkan opsi ini, WordPress akan mengirimkan pemberitahuan atau pingback bilamana ada yang menggunakan website atau postingan Anda dalam bentuk link.

  1. Allow people to submit comments on new posts

Jika tidak ingin pembaca meninggalkan komentar di postingan, opsi ini tidak perlu ditandai. Komentar yang sudah terlanjur di-submit sebelum opsi ini dinonaktifkan tidak akan terhapus. Anda bisa menghapusnya melalui opsi Comment Moderation. Secara khusus, fitur ini dirancang untuk mengelola dan mengontrol setiap komentar yang ditinggalkan di situs Anda.

Untuk mengaktifkan opsi Comment Moderation, beri tanda centang pada “An administrator must always approve the comment”. Nantinya situs Anda akan terhindar dari serangan spam, troll (orang-orang yang suka memberi komentar negatif dan ofensif), dan komentar kasar.

Kelebihan dan Kelemahan Fitur Komentar WordPress

Panduan dan tutorial wordpress

Bisa dibilang fitur komentar WordPress layaknya pedang bermata dua. Ada kelebihannya dan ada pula kelemahannya yang, sayangnya, dapat memengaruhi pekerjaan dan aktivitas website Anda.

Adanya kolom komentar di WordPress akan mendatangkan jumlah trafik yang lebih banyak ke website/blog Anda. Peringkat SEO dan nilai situs Anda akan mengalami kenaikan yang signifikan di mesin pencari. Selain itu, komentar yang ditinggalkan, baik oleh user maupun pembaca, dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan referensi untuk membuat postingan baru.

Di sisi lain, keberadaan kolom komentar justru jadi ‘sasaran empuk’ bagi para spammer dan orang-orang yang memang sengaja ingin menuliskan komentar bernada kasar dan penuh kebencian. Kondisi ini bisa memperburuk citra website Anda dan memengaruhi user engagement.

Komentar kasar memang bisa disortir dan dikelola. Hanya saja, proses tersebut memakan waktu yang cukup lama, apalagi bagi sebagian orang terasa melelahkan.

Risiko akibat adanya kolom komentar memang tidak sepenuhnya bisa diatasi. Namun, menginstall dan mengaktifkan WordPress comment plugin bisa menjadi solusi yang layak untuk dicoba.

12 Plugin Comment WordPress Terbaik

Walaupun fitur komentar bawaan sudah mencakup semua hal dasar, tetap saja kurangnya fungsi tambahan dan terbatasnya opsi kustomisasi membuat sebagian besar user memilih untuk menginstall WordPress comment plugin.

Di artikel kali ini, kami merangkum 12 plugin comment WordPress terbaik yang bisa Anda bandingkan baik dari segi kelebihan maupun kekurangannya. Dari keduabelas plugin tersebut, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Jetpack Comments

Plugin comment WordPress Jetpack

Jetpack menawarkan kombinasi fitur yang menarik. Anda tak perlu lagi menginstall sejumlah plugin hanya untuk menambahkan fungsi lain di WordPress.

Salah satu fitur yang dipersembahkan oleh Jetpack adalah Jetpack Comments. Anda bisa mengelola setiap postingan dengan mudah dan cepat. Pengunjung situs pun bisa menuliskan komentar dengan menggunakan akun media sosial, seperti Facebook atau Twitter, sehingga mereka tidak perlu lagi memasukkan nama dan alamat email.

Secara otomatis, plugin comment WordPress akan menggantikan fitur komentar bawaan yang ada di dashboard WordPress.

Penggunaan plugin ini tidak menuntut biaya apa pun. Namun, jika Anda ingin mengaktifkan spam filtering (penyortiran spam), mengonversi trafik menjadi revenue (site monetization), dan memperoleh jaminan keamanan scanning, Anda harus berlangganan paket premiumnya seharga 39 USD per tahun.

2. Disqus Comment System

Disqus Comment, WordPress comment plugin

Disquss adalah salah satu plugin komentar di WordPress yang banyak diinstall dan digunakan. Plugin ini akan menggantikan fungsi fitur komentar bawaan.

Ada banyak fitur canggih yang ditawarkan oleh tool ini, misalnya impor komentar dari platform blogging lain, seperti BloggerMoveable Type, dan platform berbasis data WXR XML. Dengan adanya fitur ini, komentar lama tetap tersimpan dan tidak akan terhapus setelah Disqus diinstall.

Sayangnya, Disqus kerap menampilkan iklan di situs. Kemunculan iklan ini tentu saja akan memengaruhi optimasi karena loading website akan jadi lebih lambat.

3. wpDiscuz

Plugin komentar di WordPress, wpDiscuz

wpDiscuz merupakan sistem komentar yang menerapkan mode real-time dan secara khusus dirancang untuk meningkatkan kulitas serta performa dari fitur dan fungsionalitas yang ditawarkan oleh fitur komentar WordPress bawaan.

Plugin comment WordPress ini memiliki sejumlah keunggulan, seperti interface yang rapi dan sederhana, integrasi sepenuhnya dengan media sosial (Instagram, Twitter, dll), dan sistem konversi otomatis dari URL ke gambar (HTML) di kolom komentar.

wpDiscuz juga menyediakan paket tambahan (add-ons) yang memuat fitur premium. Harganya bervariasi, mulai dari 9 USD hingga 125 USD. Jika ingin berhemat, Anda bisa berlangganan paket add-ons bundle sebesar 99 USD yang di dalamnya terdapat banyak sekali fungsi dan tambahan menarik lainnya.

4. Postmatic

Postmatic

Jika blog atau website Anda memiliki jumlah trafik yang masih sedikit, membalas komentar mungkin akan terasa baik-baik saja. Namun, coba bayangkan bilamana website Anda punya tingkat user engagement yang tinggi dan jumlah trafik pun banyak? Pastinya membalas komentar dari para pembaca sungguh tidak semudah yang dipikirkan.

Postmatic adalah WordPress comment plugin yang menawarkan solusi untuk permasalahan yang sudah dideskripsikan di paragraf sebelumnya. Anda bisa menulis atau bahkan membalas komentar secara langsung melalui email. Caranya adalah dengan membuka email, tulis komentar, dan klik tombol Balas atau Reply (Anda juga bisa melakukan ini dari smartphone).

Pengunjung juga akan jadi lebih mudah dalam memberi komentar. Mereka tidak perlu bolak-balik membuka postingan untuk berinteraksi lebih jauh.

5. Lazy Load for Comments

Lazy Load for Comments

Sudah banyak yang tahu kalau Lazy Load adalah plugin WordPress yang mampu menaikkan kecepatan loading website. Tak hanya itu, plugin ini juga menyediakan fitur khusus untuk komentar WordPress dengan nama “Lazy Load for Comment”.

Fitur komentar Lazy Load didesain sedemikian rupa untuk menjadi sistem komentar default yang ringan dan cepat. Fungsi komentar di sisi user akan dimatikan untuk sementara selagi halaman website berada dalam proses loading.

Plugin ini ditujukan bagi Anda yang memprioritaskan kecepatan loading website daripada menyediakan fungsi tambahan yang sifatnya tidak terlalu penting (misalnya, emoji atau meme).

Konfigurasi plugin ini sederhana. Meskipun demikian, Lazy Load for Comments sudah mendukung fitur penerjemahan otomatis, custom hook untuk membuat fungsi tambahan, dan sistem filter untuk mengurangi jumlah permintaan (request) HTTP.

6. De:Comments

De:Comments

Sebagai salah satu plugin comment WordPress terbaik, De:Comments memiliki fungsi untuk menyimpan data yang berisikan komentar user di domain Anda sendiri. Cara ini dinilai lebih aman karena Anda tidak perlu mengandalkan layanan pihak ketiga untuk menyimpan data penting.

Selain mudah dikustomisasikan, plugin ini mobile-friendly, yang artinya tampilan kolom komentar dapat disesuaikan dengan perangkat mobile. Untuk mengirimkan komentar, user tidak perlu lagi memasukkan nama dan email. Cukup dengan menggunakan akun media sosial mereka saja.

Fitur lain dari De:Comments yang juga tak kalah canggihnya adalah infinite load. Anda bisa membatasi jumlah komentar yang ditampilkan di satu postingan. Jika ingin melihat komentar lama, user hanya perlu scroll ke bawah.

Opsi berbagai bahasa (multi-language localization), melampirkan media secara instan, dan sistem voting atau pemungutan suara adalah fitur tambahan lainnya yang bisa Anda temukan di De:Comments. Jika Anda menginginkan plugin yang menawarkan sejumlah fitur dan opsi kustomisasi, De:Comments adalah pilihan tepat.

7. Akismet

Akismet

Akismet cukup unik karena dikembangkan oleh pendiri WordPress, yakni Matt Mullenweg. Layanan ini merupakan tool penyaring spam yang ditemukan di kolom komentar WordPress.

Akismet memiliki algoritma yang dapat mengenali dan ‘menggagalkan’ komentar blog dan pingback spam. Tak hanya itu, algoritma ini juga memiliki kemampuan untuk ‘mempelajari’ error atau kesalahan dan tindakan yang dilakukan oleh website yang melaporkan suatu komentar atau spam.

Misalnya, bila ada sejumlah situs yang melaporkan tipe spam tertentu, Akismet akan “mempelajari” dan mengidentifikasinya. Nantinya jika muncul spam yang sama, Akismet akan menandainya sebagai ancaman. Dengan memasang Akismet, kolom komentar Anda akan tetap bersih dan aman.

8. GraphComment

GraphComment

GraphComment mengubah fitur komentar bawaan menjadi diskusi online. Meskipun memiliki banyak fungsi, plugin ini terdiri atas dua komponen utama.

Komponen pertama adalah Bubble Flow. Sistem moderasi pintar ini akan mengelola interaksi pengunjung situs di kolom komentar dan menampilkan diskusinya secara real-time.

Komponen kedua adalah Bubble Rank. Fungsinya adalah untuk mencegah serangan spam dengan menggunakan algoritma khusus.

Kesimpulannya, GraphComment merupakan plugin yang tepat untuk mengelola jumlah komentar yang banyak. Plugin ini juga didedikasikan bagi pemilik website yang ingin membuka ruang diskusi.

9. Yoast Comment Hacks

Yoast

Yoast termasuk dalam tool optimasi SEO terbaik yang banyak digunakan belakangan ini. Terlepas dari fungsi SEO-nya, Yoast mengembangkan berbagai tipe plugin di WordPress, dan salah satunya adalah WordPress comment plugin yang diberi nama “Yoast Comment Hacks”.

Berbeda dari kebanyakan plugin comment WordPress yang ada dalam daftar ini, Yoast Comment Hacks tidak dapat menggantikan sistem komentar bawaan. Tool ini hanya akan mengoptimasi fungsi dari sistem komentar default dengan melakukan sedikit “hack” pada inti WordPress.

Berkat plugin Yoast Comment Hacks, fitur yang tadinya tidak ada di sistem komentar bawaan akan muncul, seperti fitur untuk mengalihkan user ke halaman tertentu, fitur broadcast untuk mengirimkan email ke semua user yang menulis komentar, dan fitur untuk membatasi jumlah kata pada satu komentar.

10. WpDevArt Facebook Comments

WpDevArt Facebook Comments, plugin comment WordPress

Dengan menginstall plugin comment WordPress ini, setiap komentar yang diberikan oleh pengguna Facebook akan langsung dihubungkan dan ditampilkan di situs Anda. Jumlah trafik akan naik dan memengaruhi popularitas blog atau website Anda.

WpDevArt Facebook Comments menawarkan berbagai fitur untuk memaksimalkan setiap fungsi yang ada, misalnya pengaturan posisi kolom komentar, kustomisasi panel untuk mengubah ukuran dan tipe teks yang digunakan, dan konfigurasi judul boks.

Plugin ini menyediakan paket premium berbayar (biayanya bervariasi, mulai dari 10 USD hingga 31 USD per bulan) yang di dalamnya telah disertakan sejumlah fitur menarik, seperti pengaturan custom background dan belasan efek animasi.

11. CommentLuv

CommentLuv, WordPress comment plugin

CommentLuv terbilang cukup “unik” karena WordPress comment plugin ini didesain secara khusus untuk meningkatkan trafik blog dengan menyediakan backlink.

Tool ini memiliki sistem “dofollow” yang secara otomatis akan membuat backlink ketika pengunjung meninggalkan komentar. Dengan metode ini, blog akan ramai karena banyak user yang berdatangan dan menaruh link. Link yang ditaruh inilah yang akan jadi backlink dan terhubung ke blog atau website mereka.

Hanya saja, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan plugin ini. Banyaknya link yang ditinggalkan oleh user di kolom komentar (outbound link) akan mengakibatkan blog Anda terdeteksi sebagai spam oleh Google.

CommentLuv dinilai sebagai plugin yang “berat”, terlebih saat proses loading. Alhasil, waktu respons website Anda juga akan ikut terpengaruh.

12. Simple Comment Editing

Simple Comment Editing

Jika Anda mencari plugin comment WordPress yang ringan, simpel, dan loadingnya cepat, Simple Comment adalah pilihan yang tepat.

Pengunjung situs atau pembaca konten bisa mengubah komentar yang ditinggalkan. Namun, waktunya hanya lima menit segera setelah komentar dikirim dan ditampilkan. Dengan begini, pengunjung (dan juga Anda) punya kesempatan untuk memperbaiki kesalahan penulisan atau mengoreksi keabsahan informasi yang disampaikan.

Tidak banyak pengaturan yang diperlukan untuk mengaktifkan plugin ini. Cukup lakukan pemasangan (install) dan semuanya akan bekerja secara otomatis.

Simple Comment Editing menawarkan versi berbayar bagi Anda yang menginginkan fitur tambahan, seperti tidak adanya batas waktu mengedit komentar bagi user yang sudah terdaftar, melacak jumlah user yang mengedit komentar, dan mengatur jumlah kata di kolom komentar.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa fitur komentar WordPress memainkan peran yang sangat penting dan lebih dari sekadar user engagement.

Kolom komentar yang dioptimasi sebaik dan semaksimal mungkin dapat menaikkan jumlah trafik website, memperbaiki peringkat SEO situs, dan membuat website Anda menjadi lebih populer. Namun, hanya mengandalkan sistem atau fitur komentar WordPress bawaan saja tidaklah cukup.

Solusinya, Anda harus menginstall plugin comment WordPress. Berikut daftar 12 plugin komentar di WordPress yang layak Anda coba:

  • JetPack Comments – Menggantikan sistem komentar bawaan yang ada di WordPress. Plugin ini menawarkan banyak fitur, seperti mengubah trafik menjadi konversi (site monetization), jaminan keamanan scanning (security scanning), dan penyortiran spam (spam filtering). Untuk memperoleh semua fitur ini dan fitur tambahan lainnya, Anda harus berlanggan paket premiumnya sebesar 39 USD per tahun.
  • Disqus Comment System – Memiliki kelebihan dalam mengimpor komentar dari platform blogging lain dan blog berbasis WXR XML data.
  • wpDiscuz – Menawarkan sistem komentar real-time. Untuk menikmati fitur tambahannya, seperti custom theme dan antispam, Anda harus mendaftar paket berbayarnya.
  • Postmatic – WordPress comment plugin ini memungkinkan para pengunjung situs (dan juga Anda) untuk menulis atau membalas komentar langsung dari email.
  • Lazy Load for Comments – Karena ukurannya yang ringan dan mendukung kecepatan loading, plugin ini akan membuat performa website jadi lebih baik. Tersedia juga konfigurasi custom hooks dan tool penerjemahan otomatis.
  • De:Comments – Menyimpan data yang memuat komentar user atau pengunjung situs di domain sendiri. Plugin ini mendukung opsi banyak bahasa (multi-language localization), sistem voting, dan infinite load.
  • Akismet – Tool terbaik untuk menyaring spam. Plugin ini bisa mempelajari dan mengidentifikasi tipe spam agar kolom komentar tetap bersih dan aman.
  • GraphComment – Plugin terbaik bagi Anda yang ingin mengadakan diskusi online melalui kolom komentar. GraphComment hanya terdiri atas dua komponen utama yang cepat dan dapat diandalkan.
  • Yoast Comment Hacks – Memodifikasi sistem komentar bawaan untuk kemudian membuat lebih banyak fitur. Plugin ini gratis, cepat, dan powerful.
  • WpDevArt Facebook Comments – Dengan menginstall plugin ini, komentar yang diposting seseorang di akun Facebook Anda akan ditampilkan langsung di situs Anda. Selain memengaruhi kenaikan trafik, keberadaan plugin ini juga berdampak pada popularitas website Anda.
  • CommentLuv – Membuat backlink untuk setiap komentar yang ditampilkan di postingan Anda. Trafik dan SEO akan meningkat secara signifikan.
  • Simple Comment Editing – Pengunjung situs bisa mengedit atau mengubah komentar dalam waktu lima menit setelah komentar tersebut ditampilkan. Dengan adanya sistem “plug & play”, plugin ini hanya perlu diinstall dan semuanya akan berjalan secara otomatis tanpa harus melalui proses konfigurasi manual.

Kami menyarankan untuk mencoba menggunakan fitur komentar bawaan terlebih dulu sebelum memutuskan untuk menginstall salah satu plugin di atas. Dengan begini, Anda bisa lebih mudah memahami cara moderasi kolom komentar dan mengetahui plugin seperti apa yang paling Anda butuhkan. Good luck!